- CLASS
Class adalah wadah yang
berisi abstrak(pedoman) dari suatu objek (benda), yang mendekripsikan data
(sifat karateristik) dan fungsi yang dimiliki oleh objek tersebut.
Class
merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu
instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan
kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.Contoh :
//Deklarasi Class
public static Hanz {
//body
class
}
- METHOD
Method merupakan tingkah laku dari suatu objek atau kelas, jika bersifat static berarti tingkah laku semua objek dalam kelas tersebut. Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Contoh
: pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.
Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya.
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
- Nama metode
- Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
- Daftar parameter.
- Badan atau isi metode.
Deklarasinya
:
[modifier] tipe nilai kembalian nama method (parameter input)
{
method
body
}
Dalam
penulisan, modifier juga di kenal sebagai :
public,
protected, private, static, abstrak, dll.
Contoh :
void profil (String nama.String jenis kelamin.int umur)
String get nama ( )
double setluas (double panjang.double lebar)
Contoh:
- Mahasiswa cowok = new anakSI();
- cowok.methodKU( Bernaz );
- Mahasiswa cewek = new anakTI();
- cewek.mothodKU( Amelia );
Outputnya:
- Methodku dengan parameter dengan nilai Bernaz di class anakSI telah dipanggil
- Methodku dengan parameter dengan nilai Amelia di class anakTI telah dipanggil
- CONSTRUCTOR
Constructor adalah sebuah tipe
khusus dari method yang di gunakan untuk membuat dan menginisialisasi sebuah
objek tertentu.
Constructor
merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek, dan tiap
class boleh memiliki lebih dari satu constructor.
Perbedaan
method biasa dengan constructor adalah bahwa constructor harus memiliki
nama yang sama dengan nama class-nya dan tidak memiliki nilai kembalian.
Constructor dijalankan pada saat sebuah objek diinisialisasi (menggunakan kata new). Pada constructor juga berlaku overloading, artinya boleh mendeklarasikan lebih dari satu constructor, asalkan memiliki parameter yang berbeda.
Deklarasinya :
(constructor Declaration)::=
<modifier><classname>(<parameter>) {
<statement>
}
- MODIFIER
Modifier
berguna :
* Untuk menentukan sifat dari suatu kelas dan
menentukan preveledge (hak akses) dari kelas lain.
menentukan preveledge (hak akses) dari kelas lain.
* Untuk menentukan relasi (extend atau implements)
dengan kelas lainnya. Sifat yang di ikuti apabila di ikuti
class maka sifatnya akanmengikuti class.
dengan kelas lainnya. Sifat yang di ikuti apabila di ikuti
class maka sifatnya akanmengikuti class.
beberapa
modifier penting lainnya :
- Static yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses oleh objeck atau kelas lain mesti tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berbeda, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan.
- Final yaitu modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta
- OBJECT
sebuah kelas dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat
dilakukan secara berbeda oleh objek-objek lain yang menggunakannya. di butuhkan
operator NEW untuk membuat objek dari suatu kelas.
Object adalah entitas dasar
saat runtime
Contoh :
String Str =
new String ( );
Random r = new
Random ( );
Pegawai P2 =
new Pegawai ( );
Date hari = new
Date ( );
Contoh
Program :
class motor
{
String warna;
void hidupkanmesin( ) {
System.out.println (“ Ini Metode Hidup “);
}
public static void main (String []args)
{
motor Motor Bowo = new motor ( );
//class di buat
Motor Bowo.warna = “Hitam”;
//memakai data warna
System.out.println (Motor Bowo.Warna);
Motor Bowo.Hidupkan Mesin ( ); //menjadi metode
}
}
Output :
Hitam
Ini Metode Hidup
objek dibuat dengan cara menuliskan :
- NamaKelas NamaObjek = new NamaConstractor();
- NamaKelas
Namaobjek;
NamaObjek = new NamaConstractor();
proses di atas disebut instansiasi. ketika
objek selesai dibuat, objek tersebut disimpan didalam memori dan dapat diakses
oleh objek-objek lain melalui nama objeknya.
public class Disket {
int panjang = 10;
final int LEBAR = 10;
String warna = "kuning";
String bentuk = "segiempat";
String data = "";
Disket() {
panjang= 100 ;
}
Disket(int panjang1) {
this.panjang = panjang1;
}
void simpanData(String data1) {
this.data += data1;
}
void hapusData() {
data = "";
}
String bacaData() {
return data;
}
}
int panjang = 10;
final int LEBAR = 10;
String warna = "kuning";
String bentuk = "segiempat";
String data = "";
Disket() {
panjang= 100 ;
}
Disket(int panjang1) {
this.panjang = panjang1;
}
void simpanData(String data1) {
this.data += data1;
}
void hapusData() {
data = "";
}
String bacaData() {
return data;
}
}
MainDisket.Java
class MainDisket{
public static void main (String[] args) {
Disket disk1 = new Disket(50);
System.out.println("Panjang Disket = "+ disk1.panjang);
System.out.println("Lebar Disket = "+ disk1.LEBAR);
System.out.println("Warna Disket = "+ disk1.warna);
System.out.println("Bentuk Disket = "+ disk1.bentuk);
System.out.println("data mula-mula = "+ disk1.bacaData());
disk1.simpanData("Belajar java");
System.out.println("Setelah SimpanData = "+ disk1.bacaData());
disk1.hapusData();
System.out.println("Setelah hapusData = "+ disk1.bacaData());
}
}
public static void main (String[] args) {
Disket disk1 = new Disket(50);
System.out.println("Panjang Disket = "+ disk1.panjang);
System.out.println("Lebar Disket = "+ disk1.LEBAR);
System.out.println("Warna Disket = "+ disk1.warna);
System.out.println("Bentuk Disket = "+ disk1.bentuk);
System.out.println("data mula-mula = "+ disk1.bacaData());
disk1.simpanData("Belajar java");
System.out.println("Setelah SimpanData = "+ disk1.bacaData());
disk1.hapusData();
System.out.println("Setelah hapusData = "+ disk1.bacaData());
}
}

0 komentar:
Posting Komentar