ENO

Eno graphic
Pekerja Keras
Lihat profil lengkapku
// JavaScript Document

CLASS

  •  CLASS    

     Class adalah wadah yang berisi abstrak(pedoman) dari suatu objek (benda), yang mendekripsikan data (sifat karateristik) dan fungsi yang dimiliki oleh objek tersebut.
Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.

Contoh :
         //Deklarasi Class
         public static Hanz {
        
         //body class
         }
  • METHOD
          
            Method merupakan tingkah laku dari suatu objek atau kelas, jika bersifat static berarti tingkah laku semua objek dalam kelas tersebut.  Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Contoh : pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.

Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya.
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
  1. Nama metode
  2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
  3. Daftar parameter.
  4. Badan atau isi metode.
 
Deklarasinya :
            [modifier] tipe nilai kembalian nama method (parameter input)
            {
                  method body
            }
Dalam penulisan, modifier juga di kenal sebagai :
public, protected, private, static, abstrak, dll.
  Contoh :
            void profil (String nama.String jenis kelamin.int umur)
            String get nama ( )
            double setluas (double panjang.double lebar)

Contoh:
  • Mahasiswa cowok = new anakSI();
  • cowok.methodKU( Bernaz );
  • Mahasiswa cewek = new anakTI();
  • cewek.mothodKU( Amelia );
Outputnya:
  • Methodku dengan parameter dengan nilai Bernaz di class anakSI telah dipanggil
  • Methodku dengan parameter dengan nilai Amelia di class anakTI telah dipanggil
  •  CONSTRUCTOR

           Constructor adalah sebuah tipe khusus dari method yang di gunakan untuk membuat dan menginisialisasi sebuah objek tertentu.
Constructor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek, dan tiap class boleh memiliki lebih dari satu constructor.
Perbedaan method biasa dengan constructor adalah bahwa constructor harus  memiliki nama yang sama dengan nama class-nya dan tidak memiliki nilai  kembalian.

Constructor dijalankan pada saat sebuah objek diinisialisasi  (menggunakan kata new). Pada constructor juga berlaku overloading, artinya  boleh mendeklarasikan lebih dari satu constructor, asalkan memiliki parameter yang berbeda.
         Deklarasinya :
         (constructor Declaration)::=
         <modifier><classname>(<parameter>) {
         <statement>
         }
  • MODIFIER
Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam java. Modifier akses adalah modifier yang selalu digunakan, modifier akses terdiri dari private, default, protected dan public.
Modifier berguna : 
*   Untuk menentukan sifat dari suatu kelas dan
            menentukan preveledge (hak akses) dari kelas lain.
* Untuk menentukan relasi (extend atau implements)
            dengan kelas lainnya. Sifat yang di ikuti apabila di ikuti
            class maka sifatnya akanmengikuti class.
  
beberapa modifier penting lainnya :
  1. Static yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses oleh objeck atau kelas lain mesti tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berbeda, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan.
  2. Final yaitu modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta
  • OBJECT
           sebuah kelas dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat dilakukan secara berbeda oleh objek-objek lain yang menggunakannya. di butuhkan operator NEW untuk membuat objek dari suatu kelas.
Object adalah entitas dasar saat runtime
Contoh :
 String Str = new String ( );
 Random r = new Random ( );
 Pegawai P2 = new Pegawai ( );
 Date hari = new Date ( );
Contoh Program :
            class motor
            {
                  String warna;
                  void hidupkanmesin( ) {
                        System.out.println (“ Ini Metode Hidup “);
                  }
                  public static void main (String []args)
                  {
                        motor Motor Bowo = new motor ( );     //class di buat
                        Motor Bowo.warna = “Hitam”;             //memakai data warna
                        System.out.println (Motor Bowo.Warna);
                        Motor Bowo.Hidupkan Mesin ( );        //menjadi metode
                  }
            }


  
Output :
            Hitam
            Ini Metode Hidup
           objek dibuat dengan cara menuliskan :
  1. NamaKelas NamaObjek = new NamaConstractor();
  2. NamaKelas Namaobjek;
    NamaObjek = new NamaConstractor();
           proses di atas disebut instansiasi. ketika objek selesai dibuat, objek tersebut disimpan didalam memori dan dapat diakses oleh objek-objek lain melalui nama objeknya. 
Langkah - langkah Praktikum Disket.Java


public class Disket {
  int panjang = 10;
  final int LEBAR = 10;
  String warna = "kuning";
  String bentuk = "segiempat";
  String data = "";
  Disket() {
      panjang= 100 ;
  }
  Disket(int panjang1) {
      this.panjang = panjang1;
  }
  void simpanData(String data1) {
         this.data += data1;
  }
  void hapusData() {
         data = "";
  }
  String bacaData() {
         return data;
  }
}




MainDisket.Java
class MainDisket{
    public static void main (String[] args) {
          Disket disk1 = new Disket(50);
          System.out.println("Panjang Disket = "+ disk1.panjang);
          System.out.println("Lebar Disket = "+ disk1.LEBAR);
          System.out.println("Warna Disket = "+ disk1.warna);
          System.out.println("Bentuk Disket = "+ disk1.bentuk);

          System.out.println("data mula-mula = "+ disk1.bacaData());
          disk1.simpanData("Belajar java");
          System.out.println("Setelah SimpanData = "+ disk1.bacaData());
          disk1.hapusData();
          System.out.println("Setelah hapusData = "+ disk1.bacaData());
    }
}


0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger | Portal Design By eno grapich's Blog