Java menurut definisi dari Sun adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Java2 adalah generasi kedua dari Java platform (generasi awalnya adalah Java Development Kit). Java berdiri diatas sebuah mesin interpreter yang diberi nama Java Virtual Machine (JVM). JVM inilah yang akan membaca bytecode dalam file .class dari suatu program sebagai representasi langsung program yang berisi bahasa mesin. Oleh karena itu, bahasa Java disebut sebagai bahasa pemograman yang portabel karena dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, asalkan pada sistem operasi tersebut ada JVM.
Java adalah teknologi dan bahasa pemograman yang berjalan pada multiplatforms sesuai dengan semboyannya WORA (Write Once, Run Anywhere). Pada situs Java dari Sun, http://java.sun.com dijelaskan bahwa terdapat tiga pembagian paket Java, yaitu :
Java 2 Enterprise Edition (J2EE)
Java 2 Standart Edition (J2SE)
Java 2 Micro Edition (J2ME)
Pembagian paket tersebut didasarkan pada hardware yang digunakan, di samping itu juga didasarkan pada fungsi implementasinya :
Pake J2EE digunakan untuk pengembangan aplikasi bersekala enterprise (multitier enterprise application), seperti server web/email dan berbagai aplikasi server lainnya, sehingga paket ini membutuhkan spesifikasi tinggi.
J2SE adalah inti dari bahasa pemograman Java. JDK (Java Development Kit) adalah salah satu tool dari J2SE untuk mengkompilasi dan menjalankan program di Java. Didalamnya terdapat tool untuk mengkompilasi program Java dan JRE. Tool J2SE yang salah satunya adalah JDK 1.5 dapat di download di http://java.sun.com/j2se , JDK merupakan tool open source dari Sun
J2ME adalah lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak Java pada barang elektronik beserta perangkat pendukungnya. Pada J2ME, jika perangkat lunak berfungsi baik pada sebuah perangkat maka belum tentu juga berfungsi baik pada perangkat lainnya. J2ME membawa Java ke dunia informasi, komunikasi, dan perangkat komputansi selain perangkat komputer desktop yang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat komputer desktop. J2ME biasa digunakan pada telepon selular, pager, perseonal digital assistance (PDA's) dan sejenisnya
B. SEJARAH SINGKAT JAVA
Pada tahun 1991, sekelompok insinyur Sun Microsystem, Inc., dipimpim Patrick Naughton dan James Gosling merancang bahasa untuk perangkat consumer seperti cable TV box. Karena perangkat tidak memiliki banyak memori, bahasa harus berukuran kecil dan menghasilkan kode program yang liat. Proyek ini diberi nama kode Green.
Mulanya proyek ini diberi nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak Java”, James Gosling. Nama oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merk dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.
C. ATURAN DASAR JAVA
Aturan umum dari penggunaan sintaks bahasa pemrograman JAVA yaitu ;
1. JAVA = case sensitive.
2. Nama file dokumen JAVA harus sama dengan nama kelas.
3. Secara umum JAVA mengabaikan spasi kosong. Spasi kosong terdiri dari karakter yang tidak muncul pada layar. Misalnya tab, spasi, baris baru. Gunakan spasi kosong untuk membuat program lebih menarik dan mudah dibaca.
4. Tanda {} adalah symbol pengelompokan dalam JAVA. Berfungsi untuk menandai awal dan akhir seksi program.
5. Setiap pernyataan JAVA diakhiri dengan tanda ;
6. Program computer biasanya berisi komentar-komentar. JAVA menawarkan dua cara untuk menyisipkan komentar, yaitu ;
a. Symbol // digunakan untuk penulisan satu baris komentar
b. Symbol /* dan */ digunakan untuk penulisan komentar lebih dari satu baris.
Contoh :
/* ini adalah komentar yang lebih dari satu baris */
7. Aturan-aturan ini hanya berlaku untuk kelas :
a. Dalam satu file Java, diperbolehkan memiliki lebih dari satu kelas.
b. Dalam satu file .Java , jumlah kelas yang boleh dideklarasikan sebagai public hanya satu dan nama dari file .java harus sama dengan nama kelas yang dideklarasikan sebagai public.
D. ATRIBUT DAN TIPE DATA
Atribut menyatakan suatu lokasi di dalam memori computer yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilai yang ada di dalamnya bisa diubah. JAVA memiliki tipe data, sintaks keputusan dan perulangan yang sama dengan C dan C++.
Cara mendeklarasikan atribut :
1. TipeData namaAtribut ;
Contoh : int i;
2. TipeData namaAtribut = nilaiAwal ;
Contoh : String nama = “Java”;
Atribut dalam JAVA bisa dijadikan konstanta, sehingga nilainya tidak akan berubah. Untuk membantu nilai konstanta, gunakan kata kunci final yang diikuti dengan tipe data dan nama atribut dalam huruf besar .
Contoh : final double PHI = 3.14;
Contoh PROGRAM TesTipeData.java ;
class TesTipeData {
public static void main (String[] args) {
byte b = 1;
short s = 100;
int i = 1000;
long l = 10000;
char c = 'a';
float f = 3.14f;
double d = 3.14;
boolean t = true;
final double PI = 3.14;
System.out.println("byte " +b);
System.out.println("short " +s);
System.out.println("int " +i);
i = 010;
System.out.println("int " +i+ " octal mode");
i = 0XFF;
System.out.println("int " +i+ " hexa mode");
System.out.println("long " +l);
System.out.println("char " +c);
System.out.println("float " +f);
System.out.println("double " +d);
System.out.println("boolean " +t);
System.out.println("PI " +PI);
}
}
E. KEPUTUSAN
Pernyataan if merupakan salah satu bentuk pernyataan berkondisi yang berguna untuk pengambilan keputusan terhadap dua buah kemungkinan.
Contoh PROGRAM TesKeputusan.java ;
class TesKeputusan {
public static void main (String[] args) {
char jeniskelamin = 'W';
//nested if
if (jeniskelamin=='L')
System.out.println("Cowok");
else if (jeniskelamin=='P')
System.out.println("Cewek ");
else
System.out.println("Banci ");
//ternary
System.out.println(jeniskelamin=='P'?" dia pasti cowok. " : " dia pasti cewek ");
//switch case
switch (jeniskelamin){
case 'P' : System.out.println("Cowok");
break;
case 'L' : System.out.println("Cewek");
break;
default : System.out.println("Banci");
break;
}
}
}
F. PERULANGAN
Seringkali kita harus melakukan pengulangan terhadap suatu proses. Untuk menangani hal-hal tersebut, Java menyediakan pernyataan while, do… while, dan for.
Contoh PROGRAM TesPerulangan.java ;
public class TesPerulangan {
public static void main (String[] args) {
int i;
//for
System.out.println("Perulangan For...");
for (i=0; i<10; i++)
System.out.println("Perulangan ke : "+i);
//while
System.out.println("Perulangan While...");
i=0;
while (i<10) {
System.out.println("Perulangan ke : "+i);
i++;
}
//do while
System.out.println("Perulangan Do While...");
i=0;
do {
System.out.println("Perulangan ke : "+i);
i++;
}
while (i<10);
Posted by ENO. H. SIMANJORANG
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar